Selasa, 16 Juli 2019

Cara Membuat Wingko Babat Asli Semarang

Cara Membuat Wingko Babat Asli. Wingko babat adalah makanan tradisional yang sangat populer sebagai oleh-oleh dan souvenir dari kota Semarang. Makanan ini termasuk mudah dibuat karena asli yang dibuat dari bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana tetapi memberikan rasa khas kelapa yang cukup lezat, terutama jika dikombinasikan dengan berbagai macam rasa cokelat, durian, nangka atau berbagai rasa lainnya.

Wingko Babat Asli Semarang


Kue asli Indonesia yang berasal dari campuran tepung ketan, tepung jagung dan parutan kelapa memang lezat dan rasa yang khas memiliki begitu banyak penggemar. Wingko namanya pasti tidak asing lagi bagi orang Indonesia, Wingko mungkin sering kita dengar di Daerah Yogyakarta karena memang merupakan camilan khas sekaligus oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Namun di resep ini akan diberikan resep wingko babat yang sedikit di modifikasi dengan nama Cake Wingko, jadi Wingko Babat yang dipotong-potong sehingga seperti kue.

Wingko babat berbahan dasar tepung ketan putih dan kelapa parut juga tidak lupa santan. Rasaya kurang lebih mirip dengan wingko khas Yogyakarta namun Cake Wingko ini memiliki tekstur yang lebih lembut. Nah...buat yang suka wingko..Yuk simak resep kue wingko babat yang versi klasiknya ya..untuk resep dasarnya..karena sekarang banyak juga yang di modifikasi wingko nich..ada yang di tambah santan, telur, margarin dll. Kalau untuk variasi rasa..emang bisa di tambah macam2, bisa nangka..coklat, dll...tapi kalau resep dasarnya..aku suka yang klasik. Kalau di wingko babat kereta api di Semarang itu ada 4 macam rasa yang tersedia, wingko rasa original..rasa coklat, nangka dan pisang

Baca juga kue donat kentang lebih enak dan lembut

Jika lebaran tahun ini Anda juga ingin menyuguhkan kue wingko sebagai kue lebaran untuk tetangga dan kerabat, kali ini Vemale akan memberikan resep membuat wingko mini yang gurih nan legit. Mau tahu apa saja bahan untuk membuat wingko dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Bahan utama wingko babat:

⇒500 g tepung ketan
⇒1 buah kelapa yang tidak terlalu tua (diparut halus)
⇒350 gr gula pasir
⇒200 ml santan kental
⇒1/2 sendok teh garam halus
⇒20 gr margarin
⇒1/4 sdt vanili bubuk
⇒1 butir telur ayam

Cara Membuat Wingko Babat Panggang Asli Semarang

⇒Campur gula pasir dengan kelapa, aduk rata sambil meremas
⇒Setelah itu, diamkan selama sekitar 5 menit sementara ditutupi dengan kain basah sampai Rapat
⇒Kemudian campur dengan tepung ketan dan telur ayam sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
⇒Masukkan garam dan vanili bubuk ke dalam adonan
⇒Tuangkan margarin sudah dilelehkan ke dalam adonan sementara diuleni
⇒Ambil adonan secukupnya kemudian membentuk bulat pipih (lakukan sampai adonan habis)
⇒Tempatkan di atas loyang sudah dialasi dengan daun pisang
⇒Panggang dalam oven sampai kecoklatan dan wingko babat matang
⇒Wingko siap untuk dinikmati
sumber rujukan : https://inforesepmasakansederhana.com/cara-membuat-kue-wingko-babat-panggang/