Rabu, 30 Desember 2015

Kue serabi dan kue pancong rasanya enak manis dan gurih

Kue serabi merupakan salah satu kue tradisional indonesia yang banyak penggemarnya, mulai dari anak anak hingga para remaja bahkan orang tua sangat suka dengan kue yang satu ini. Kita mengenal berbagai macam kue tradisional ini, seperti kue serabi jawa maupun kue serabi betawi, ada juga serabi bandung.

Namun ada satu serabi yang cukup terkenal di daerah solo yakni kue serabi notosuman yang laris manis hingga sekarang. Resep kue serabi sendiri sebenarnya cukup sederhana. Hanya dengan bahan bahan mudah seperti tepung beras, santan kental, dan garam sudah dapat dibuat kue serabi sederhana yang enak.



Cara membuat kue serabi juga sangat mudah dan simple. Namun uniknya kue serabi yang enak hanya yang dibuat dengan menggunakan anglo yang berbahan tanah liat. Meskipun sekarang sudah banyak cetakan kue serabi dengan bahan logam, dibeberapa daerah masih menggunakan anglo untuk membuat kue serabi ini.

Keunikan kue surabi hampir sama dengan kue pancong. Bahan bahan yang digunakan juga hampir sama, yakni tepung beras dan santan kelapa, namun kue pancong ada juga yang berbahan utama tepung terigu. Resep kue pancong cukup mudah dan sederhana seperti kebanyakan kue tradisional indonesia lainnya.



Begitu juga dengan cara membuat kue pancong juga sama mudahnya dengan cara bikin kue serabi. Kue pancong paling dikenal di tanah betawi dan memang dari sanalah asal muasal kue pancong, namun kalau mau jujur di daerah lain juga ada yang mirip yakni kue rangin yang tampilannya sama persis.