Senin, 01 Mei 2017

Resep manisan jambu biji dan cara membuatnya

Resep membuat manisan saat ini sudah mulai berkembang, sehingga jenis buah apapun sudah bisa dibuat manisan yang segar dan enak. Nah pada belajar memasak kali ini admin akan menunjukkan rahasia cara membuat manisan dengan bahan utama jambu biji atau jambu klutuk secara sederhana. memang sih tidak dapat dipungkiri jika sajian manisan jambu biji masih sangat jarang kita temukan, atau mungkin saja belum ada yang mencoba membuatnya.

Padalah bisa dikatakan bahwa manisan jambu biji juga sama enaknya dengan manisan buah mangga atau juga manisan buah yang lain. Pelajari kembali cara membuat manisan mangga

manisan jambu biji


Lantas bagaimana sih cara membuat manisan buah jambu khususnya jambu batu. Kalau manisan jambu air cara bikinnya cukup mudah dan rasanya juga lumayan enak. Mungkin saja banyak yang penasaran dengan manisan buah jambu batu karena memang masih langka. Untuk itu yuk cobalah belajar cara membuatnya, mumpung buah jambu batu depan rumah sedang berbuah lebat.

Resep manisan jambu biji

Bahan bahan yang diperlukan

Jambu biji : 800 gram.
Gula pasir : 300 gram.
Air untuk rendaman : 400 ml.
Air masak : 100 ml.
Garam : 1 sendok teh.
Bubuk kapur sirih : 2 sendok teh.
Kayu manis : 3 buah, potong potong

Petunjuk cara membuatnya
  1. Bersihkan jambu biji dari segala kotoran, kemudian potong sesuai keinginan, biasanya sih dipotong menjadi 4, atau 8 bagian perbuahnya
  2. Selanjutnya rendam dengan air kapur sirih, usahakan ya semua jambu terendam. Lamanya perendaman paling tidak 4 jam, kemudian cuci dengan air mengalir dan tiriskan.
  3. Sementara itu buat larutan air manisnya. Rebus air secukupnya dan masukkan juga gula pasir, kayu manis, dan garam hingga mendidih dan semua gula pasir mencair, lantas dinginkan dan saring dengan saringan halus.
  4. Kemudian rebus kembali hingga larutan gula menjadi lebih kental.
  5. Selanjutnya masukkan potongan jambu biji paling tidak sampai mendidih beberapa waktu
  6. Angkat dan dinginkan, simpan dalam lemari es.
Demikian ya bunda dan sis cantik semua cara buat manisan jambu batu, cukup mudah kan ternyata membuatnya. Perlu diketahui bahwa kuliner tradisional nusantara ini memang banyak macam dan ragamnya.

Sebagai ibu rumah tangga sudah seharusnya mampu menyajikan berbagai macam olahan , baik itu hidangan selingan semacam manisan maupun masakan tradisional lainnya, seperti soto ayam misalnya. Selanjutnya silahkan belajar lagi masakan aneka soto

Masih ada lagi resep resep manisan yang bisa anda buat, salah satunya yang bisa anda coba adalah cara membuat manisan cermai, cara membuat asinan jambu air. cara membuat asinan jambu biji. harga manisan jambu medan. resep tips cara membuat manisan jambu air. manisan jambu air pedas. jual manisan jambu bangkok di jakarta. manisan jambu kristal. resep asinan buah jambu air.

Pada hakekatnya masih cukup banyak buah buah yang bisa anda bikin untuk proses pembuatan manisan. Di kota Bogor juga cukup terkenal dengan manisan buah pala.

Bahkan rasa manisan pala ini bisa untuk mencerahkan kembali bagi mereka yang pusing. Namun jika sulit di cari penjualnya, maka anda bisa lho bikin sendiri, silahkan ikuti caranya di cara membuat manisan pala