Kamis, 19 September 2019

Resep cara membuat tape ketan item manis enak

Bagaimana sih cara membuat tape ketan item yang manis itu. Inilah pertanyaan yang seringkali saya dengarkan dari para Ibu-ibu tetangga. Memang rata-rata orang sudah bisa membuat tape, tapi untuk yang memiliki rasa yang manis dan lembut, sepertinya jarang-jarang yang bisa. Yaitu bisa jadi karena terlalu matang menanak beras ketannya, kurang rata peragiannya, kurang atau kelebihan air, kualitas ragi yang kurang baik. Jadi harus teliti dan melakukan hal-hal seperti dalam resep dengan benar, supaya hasilnya mantap dan banyak menuai pujian. Berikut cara membuat tape ketan item selengkapnya

cara membuat tape ketan item


Ragam makanan tradisional khas Indonesia memang sangat melimpah, hampir setiap daerah yang ada di Indonesia itu mempunyai makanan khas tersendiri salah satunya adalah tape. Apa yang dimaksud dengan tape? Tape merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan melibatkan proses fermentasi. Langkah-langkah cara membuat tape ketan item adalah sebagai berikut. Pertama, cucilah beras ketan item dengan air dingin sampai bersih, minimal 3 kali pencucian agar tape ketan item Anda tidak mudah membusuk. Kedua, ketan yang telah dicuci bersih tadi direndam sekitar 12 jam lalu cuci kembali setelah proses perendaman selesai.

Bahan bahan tape ketan item
1 kg ketan item
1-1 1/2 butir ragi ketan
2 sdm gula pasir
Coba juga Cara Membuat Wingko Babat Asli Semarang

Cara mudah membuat tape ketan item
  1. Cuci beras ketan item hingga benar-benar bersih dan rendam selama semalam 12 jam.
  2. Bilas dan cuci bersih kembali ketan dan kukus selama 30 menit. bila ketan masih keras, bisa di siram-siram sedikit dengan 100 - 150 ml air. kukus 10 menit lagi, Angkat.
  3. Siapkan tampah yang sudah dilapisi plastik bersih atau daun pisang lalu tuang dan ratakan ketan yang sudah matang dikukus pada tampah. Biarkan hingga benar-banar dingin.
  4. Siapkan toples kaca atau plastik bersih dan kering. Taburi ketan dengan ragi tape menggunakan saringan teh dengan cara diayak ke sekeliling bagian atas ketan tape hingga rata dan taburi lagi diatasnya lagi dengan gula pasir.
  5. Alasi bagian bawah toples dengan daun pisang kemudian masukkan tape ke dalam toples. Tutup bagian atas ketan menggunakan daun pisang sisa dari tampah tadi dan tutup rapat kembali toples.
  6. Simpan toples di tempat sembunyi (atas lemari/bupet) selama 3 hari. Selama proses fermentasi jangan membuka tutup toples. Tape siap dinikmati pada hari ke 3.