Jumat, 16 Agustus 2019

Ini rahasia bikin kue semprong tetap renyah krispi

Banyak kendala saat bikin kue semprong sehingga sering gagal. Ini ada rahasia khusus supaya kue semprong bunda tetap enak renyah dan krispi. Dengan membaca tips singkat cara membuat kue semprong ini, maka terjamin kue semprong bikinan anda tetap fresh dan enak renyah. Kue semprong ini memang banyak yang sudah dijual secara kemasan. Namun, sudah pasti akan lebih sehat dan higienis kalau kita buat sendiri bukan? Caranya tidak sulit sama sekali dan pasti bisa anda praktikan.

rahasia bikin kue semprong


Gunakan tepung beras dan santan sebagai bahan utama : Ada 2 bahan utama yang wajib anda gunakan dalam membuat semprong. Yaitu, tepung beras dan santan. Penggunaan tepung beras ini dapat menghasilkan semprong yang kering dan renyah. Hasil yang tidak bisa anda dapatkan kalau menggunakan tepung terigu. Sementara itu, santan wajib ditambahkan ke dalam adonan untuk membuat semprong memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi :  Tahap pertama dalam pembuatan semprong adalah mengocok telur dan gula pasir secara bersamaan menggunakan mixer. Kedua bahan ini sebaiknya dikocok dengan kecepatan tinggi supaya cepat kental dan gula pasir bisa larut dengan baik. Anda hanya perlu mengocok telur dan gula pasir hingga mengental saja, jangan sampai kaku.

Turunkan kecepatan dan masukkan sisa bahan secara bergantian : Setelah kocokan telur dan gula pasir mengental, turunkan kecepatan ke paling rendah. Kemudian, masukkan sisa bahan semprong secara bergantian. Mulai dari tepung beras, garam, vanili, margarin, dan santan. Memasukkan bahan secara bergantian ini bertujuan untuk memastikan bahwa bahan sebelumnya sudah tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal.

Gunakan cetakan semprong : Kalau anda perhatikan dengan baik, permukaan semprong nyaris tidak ada yang datar. Pasti memiliki motif yang unik dan cantik. Nah, walaupun anda bikin semprong sendiri di rumah, anda juga tetap bisa mendapatkan semprong yang cantik seperti itu. Caranya, gunakan cetakan semprong. Cetakan semprong ini sudah banyak dijual di pasar, bahkan di toko online pun banyak.  Harganya cukup bervariasi. Mulai dari Rp70.000 yang berbahan stainless steel,

Matangkan semprong di atas api kecil : Jika menggunakan cetakan semprong yang stainless steel, anda harus memasak semprong di atas kompor. Panaskan terlebih dahulu cetakan semprong, kemudian baru tuangkan 1 sendok sayur adonan. Masak semprong di atas api kecil saja ya, supaya matang merata di kedua sisinya, tidak gosong, dan kering sempurna.

Angkat kue semprong dengan cara menggulungnya menggunakan sumpit kayu : Setelah kedua sisi matang, angkat semprong dengan cara menggulungnya. Anda bisa menggunakan sumpit kayu untuk menggulung semprong. Caranya, jepit bagian ujung kanan semprong dengan sumpit kayu, lalu gulung perlahan ke arah kiri, dan lepaskan sumpit kayu setelah semprong tergulung dengan baik. Kalau tidak ada sumpit kayu, anda bisa menggunakan 2 tusuk sate sebagai gantinya.

Setelah dingin, segera simpan dalam wadah tertutup agar tidak melempem : Semprong yang sudah matang dan tergulung, dibiarkan sebentar dalam suhu ruang supaya dingin. Setelah itu, semprong harus langsung dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Soalnya, semprong ini cepat sekali melempem. Jadi, harus segera disimpan supaya tetap garing dan renyah. Mudah kan membuat semprong sendiri? Kue semprong ini cocok sekali untuk disajikan sebagai camilan sehari-hari, suguhan saat arisan, dan bahkan untuk sajian lebaran. Rasa manis, gurih, dan renyahnya pasti bikin siapa saja ketagihan.

Ingin cepat cepat mencobanya, yuk ikuti di cara bikin kue semprong