Jumat, 24 Maret 2017

Yuk membuat sayur bayam jagung manis

Sayur bayam jagung manis menjadi alternatif baru pada beberapa tahun ini. kalau sebelumnya kita selalu membuat sayur bayam tanpa campuran apa apa, tapi seiring dengan semakin majunya petani kita yang mampu panen jagung manis secara kontinyu, sehingga mampu membuat kreasi baru pada sayur bayam yang termasuk dalam resep masakan rumahan paling sering dibuat.

sayur bayam jagung


Sebagaimana diketahui bahwa sayur bayam bukan saja praktis dan simple cara bikinnya, namun juga mempunyai ilai gizi yang cukup tinggi, baik untuk anak anak yang membutuhkan perkembangan tubuhnya, maupun para ibu ibu muda, bahkan bisa dikatakan bahwa mengkonsumsi sayur bayam sangat bagus untuk melengkapi kebutuhan gizi seimbang keluarga.

Tidak banyak yang harus dipersiapkan saat anda membuat sayur bayam, paling paling hanya beberapa ikat bayam dan bumbu bumbu sederhana. Oh ya jangan lupa dengan jagung manisnya, karena jagung menjadi kreasi yang sangat disukai. Anda bisa menggunakan jagung yang dipotong potong atau bisa juga dengan melepaskan biji jagung jagungnya, sama enaknya.

Bahan utama
  • Bayam : 2 ikat
  • Jagung manis : 2 buah
Bahan bumbu
  • Bawang putih : 1 siung
  • Bawang merah : 2 buah
  • Lengkuas : satu potong ukuran 2 cm
  • Garam, penyedap rasa, dan gula pasir secukupnya
Cara membuat sayur bayam
  1. Langkah pertama potong potong bayam dan juga jagung muda
  2. Iris tipis tipis bawang merah dan bawang putih
  3. Ambil panci dan masukkan air secukupnya ( sekitar 1 liter )
  4. Didihkan air bersama jagung manis hingga matang
  5. Masukkan bayam, dan bumbu bumbunya
  6. Tambahkan gula pasir, garam, serta penyedap rasa secukupnya
  7. Coba rasakan kuahnya, sesuaikan denagn selera anda
  8. Angkat dan sajikan bersama lauk pauk lainnya, seperti botok tempe lamtoro
Penting untuk diketahui, bayam sangat baik untuk membantu menyempurnakan kebutuhan gizi tubuh anda jika dikonsumsi setelah dimasak. Namun disisi lain bayam justru tidak baik jika dimakan setelah beberapa jam setelah matang. Contohnya saat anda masak bayam pagi hari, maka sebaiknya harus habis saat siang hari. Dimakan saat malam haru justru tidak dianjurkan.

Baca juga cara membuat urap sayur