Selasa, 18 April 2017

Yuk membuat sambal tomat spesial khas sunda

Sambal tomat sederhana, praktis, dan simple. Bagi masyarakat sunda yang namanya sambal tomat merupakan masakan pelengkap yang mesti ada setiap harinya. Saat makan apapun sudah tentu sambal tomat akan ikut nimbrung. Sehingga bisa dikatakan bahwa sambal tomat merupakan salah satu resep masakan sunda yang paling favorit karena selalu dicari setiap harinya.

sambal tomat sunda


Dalam kehidupan sehari hari sambal tomat memang tidak pernah ketinggalan hadir di meja makan, karena bisa sebagai pelengkap jenis masakan apapun termasuk sayur asem yang cukup segar dimakan saat siang hari yang terik, soal sayur asem bunda bisa pilih ala jawa atau ala sunda, bahkan sayur asem betawi juga sama segarnya. yang penting sambal tomatnya harus ada.

Resep sambal kecap iris enak

Nah untuk mengingatkan kembali tata cara membuat sambal tomat sunda, yuk tulis kembali resep sambal tomat khas sunda, supaya nantinya tidak lupa penggunaan bahan bahannya yang pas. Meskipun anda bukan orang sunda juga tidak ada salahnya untuk belajar cara membuat sambal tomat yang enak dan spesial khas sunda ini.

Resep sambal tomat khas sunda

Bahan bahan

Cabe rawit : 10 buah
Cabe merah : 10 buah
Bawang putih : 4 siung
Bawang merah : 5 buah
Tomat : 2 buah
Gula pasir : setengah sendok teh
Gula merah : secuil
Garam : secukupnya
Minyak goreng : sedikit untuk menumis

Cara membuat sambal tomat khas sunda

  1. Siapakan penggorengan dan tumis bahan bahan sambal tomat hingga layu.
  2. Uleg dengan cobek hingga lembut, tambahkan gula pasir, gula merah, dan garam, uleg kembali hingga lembut.
  3. Sambal tomat enak siap menemani makan siang anda

Sambal tomat juga pas untuk pelengkap sayur sop maupun masakan berkuah lainnya. Atau kadang juga bisa disandingkan dengan masakan apa saja. Bahkan dengan nasi putih yang berkualitas, makan hanya dengan tempe goreng + sambal tomat juga enak.