Rabu, 26 Oktober 2016

20 masakan tradisional nusantara paling banyak di cari

Nusantara bukan hanya kaya akan pulau dan bahasa namun juga memiliki beraneka macam dan ragam masakan yang lezat lezat. Meskipun pada mulanya hanya sebuah resep masakan daerah, namun lambat laun menjadi masakan favorit seluruh masyarakat Indonesia.

Sehingga bagi kita tidak perlu lagi untuk mengetahui asal muasal resep masakan aslinya, karena sudah menjadi satu sebagai resep masakan indonesia dan menjadi milik kita bersama. Salah satu resep tradisional yang lumayan enak adalah gulai kambing, perhatikan cara masak gulai daging kambing

Puluhan bahkan ratusan masakan dengan berbagai jenis bahan bahan yang mudah di dapat, karena sebagian besar masakan bunda nusantara ini menggunakan bahan bahan alami hasil ladang atau kebun sendiri, sehingga bisa dibilang cukup mudah mendapatkannya.

Meskipun bunda berada di perkotaan juga sangat gampang membelinya di pasar pasar tradisional atau bahkan di berbagai supermarket. Nah berikut berbagai macam jenis dan ragam masakan tradisional nusantara yang cukup mudah cara membuatnya.

Tempe mendoan
tempe mendoan
Masakan asli kabupaten banyumas ini bahkan sangat digemari dan cukup terkenal di ibukota jakarta. Tempe mendoan adalah salah satu makanan yang dibuat dengan cara dicelupkan ke dalam adonan dan digoreng setengah garing.

Yang menjadi ciri khas tempe mendoan adalah bahan utamanya yakni tempe yang setengah jadi. Cara membuat tempe mendoan bahkan cukup mudah. Dan saat matang rasanya sungguh nikmat.

Mie telor
mie telor
Kita tahu bahwa mie merupakan bahan utama berbagai resep masakan pedagang kaki lima, seperti mie goreng, mie pangsit, mie ayam, dan lainnya. Bagi sebagian pedagang rupanya juga memerlukan keahlian cara membuat mie ini, karena lebih ekonomis dari pada membuatnya sendiri.

Namun bagi anda yang masih dalam tahap belajar membuat berbagai masakan dengan bahan utama mie ini bisa kok membelinya di pasar tradisional.

Sambal goreng tempe
sambal goreng tempe
Sambal goreng bisa dibilang merupakan salah satu lauk pelengkap yang mesti ada di setiap meja makan, sebab sambal goreng tempe ini cukup praktis dan cepat saat membuatnya.

Resep sambal goreng tempe bahkan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga saat ini sebenarnya cukup banyak yang sudah mahir membuatnya. Namun bagi pemula atau keluarga muda tentu harus melalui tahap awal lagi.

Resep gudeg jogja
gudeg jogja
Inilah satu satu resep masakan tradisional yang bukan saja terkenal di kota asalnya yakni yogjakarta, namun juga merambah keseluruh indonesia. Bahkan sebagian masakan gudeg ini juga di ekspor keluar negeri.

Dan pada kenyataannya juga bisa bertahan cukup lama. Sebenarnya cara membuat gudeg cukup sederhana. Anda hanya mencari bahan utamanya saja yakni nangka muda dan yang paling lezat menggunakan nangka muda jenis merah.

Tempe bacem goreng
tempe bacem goreng
Ini juga salah satu lauk favorit bagi sebagian masyarakat jawa maupun orang sunda. Sebenarnya tempe bacem ada dua macam yakni tempe bacem godok dan tempe bacem goreng. Namun sebagian masyarakat lebih memilih yang goreng.

Cara membuat tempe bacem praktis, sederhana, dan juga mudah. Dan enaknya bumbu bumbunya juga sangat murah. Tempe bacem enak buat lauk maupun langsung dimakan.

sop ayamResep sop ayam
Sop ayam merupakan salah satu jenis masakan yang bisa diterima dalam keadaan apapun, baik saat anda sehat maupun saat sedang sakit. Bumbunya yang ringan sehingga cukup bagus untuk anak anak kecil maupun para orang tua.

Cara membuat sop ayam tidak berbeda jauh dengan masakan sayur lainnya. Dan enaknya anda bisa menggunakan bagian daging ayam manapun, namun jangan lupa selalu mencantumkan cekernya.

Resep telur balado
telur balado
Telur ayam selain murah juga bisa dimasak dengan berbagai resep masakan. Telur ayam dimasak sebagai sayur atau berkuah enak, saat dimasak dengan digoreng juga OK.

Namun kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara membuat masakan telur balado pedas yang cukup nikmat dan lezat. Balado merupakan salah satu istilah pedas pada resep resep masakan masyarakat minang atau sumatra barat yang saat ini cukup banyak diberbagai kota di indonesia.

Resep tahu tempe
tahu tempe
Inilah salah satu keunggulan dan kelebihan resep masakan indonesia tradisional, yakni penggunaan bahan tahu maupun tempe. Masakan bangsa kita cukup terkenal dengan resep tahu tempenya.

Sangat banyak resep resep yang menggunakan bahan utama tempe tahu ini, dan salah satunya yakni tahu tempe santan pedas yang merupakan masakan selera pedas dan menjadi avorit sebagian besar keluarga indonesia terutama yang masyarakat kebanyakan.

Resep bumbu rujak
ayam bumbu rujak
Salah satu kelebihanmasakan daging ayam adalah enak dimasak tidak pedas maupun lezat saat dimasak pedas, daging ayam juga mantap dimasak sebagai sayur, dan bahkan cukup lezat saat di goreng.

bahkan di masak dengan pembakaran juga sama enaknya. ayam bumbu rujak bakar mempunyai cita rasa beda dari pada masakan ayam lainnnya. Bumbunya yang meresap hingga kedalam sehingga membuat masakan yang satu ini cukup diminati.

Resep soto daging
soto daging santan
Para orang tua kita dahulu cukup banyak meninggalkan berbagai macam resep masakan baik yang murah bahannya maupun yang menggunakan bahan daging. Salah satu yang cukup terkenal yakni masakan soto.

Cukup banyak resep soto dan salah satunya adalah soto daging betawi yang merupakan masakan khas ibu kota betawi. Memang dilihat dari kuahnya maka soto dapat dibedakan menjadi dua macam yakni kuah bening dan kuah santan.
Resep soto ayam kampung kuah bening segar

Resep udang goreng
masakan udang goreng
Udang merupakan salah satu hasil lautan indonesia yang cukup berlimpah. Meskipun cukup banyak resep udang, namun kali ni admin akan memperkenalkan salah satu resep udang yang cukup praktis dan sangat gampang membuatnya.

masakan udang goreng tepung sangat pas untuk pelengkap lauk anda, bahkan kadang kala sebelum tiba waktu makan, eh sudah habis duluan karena memang enak juga langsung dimakan ( di gado ).

Masakan nasi goreng seafood
nasi-goreng-seafood
Nasi goreng menjadi ujung tombak para pedang kaki lima. bahkan nasi goreng juga menjadi meu alternatif saat sore hari. Apalagi saat persediaan makanan di dapur telah habis, maka yang muncul pertama kali tentu masakan nasi goreng.

Biar tampil beda, tidak ada salahnya jika mencoba untuk membuat nasi goreng saus tiram yang memiliki cita rasa beda dari pada nasi goreng pada umumnya karena mencamtumkan bahan saos tiram.

Resep sambal goreng
sambal goreng kentang
Sambal sudah pasti pedas rasanya, semua orang juga tahu. Lantas bagaimana jika menyukai selera pedas tapi ogah mengunakan sambal.

Nah tentunya anda bisa sedikit kreasi dengan bahan sayur lainnya. sambal goreng kentang menjadi lebih pas jika digabungkan dengan beberapa masakan lainnya, seperti sayur sop, sayur asem, nasi uduk, dan lainnya. Kelebihan lainnya bahkan sambel kentang goreng ini bisa bertahan hingga seharian penuh, sehingga sangat pas untuk bekal di jalan.

Resep urap sayur
urap sayuran
Anda ingin membuat masakan enak, mantap, dan lezat, namun dengan bahan bahan alami dan murah, jawabannya adalah urap sayur. bahkan anda bisa mencantumkan bahan sayuran apapun dan sesuai dengan selera anda sendiri.

Bisa dibilang bahwa urap sayuran merupakan salah satu masakan paling nikmat dan sehat, bahkan tanpa tambahan lauk apapun, selain itu juga sangat kaya vitamin dan gizi karena semua bahan sayuran masuk.

Resep ikan bakar
ikan kembung bakar
Ikan merupakan satu satunya bahan pangan yang mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan untuk masa pertumbuhan yakni vitamin omega 3 terutama ikan laut.

Namun sebagian masyarakat tidak cocok dengan ikan laut. dan ikan air tawar juga sama lezatnya. Salah satu ikan air tawar yang cukup banyak tersedia di pasaran yakni ikan kembung. Lantas dimasak apa ya yang paling mantap, saya sarankan untuk melalui pembakaran, ya ikan kembung bakar sangat lezat.

Resep nasi kebuli
nasi kebuli
Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas masing masing, demikian juga dengan masakannya. Khusus bagi warga betawi, cukup bangga dengan nasi kebuli, yang mana sebenarnya merupakan masakan dari daerah timur tengah.

Namun karena sudah berusia ratusan tahun dan sudah melalui modifikasi, maka sekarang sudah menjadi masakan favorit warga betawi. Yuk pelajari cara membuat nasi kebuli kambing maupun nasi kebuli ayam.

Resep soto ayam
soto ayam banjar
Seperti disebutkan di atas bahwa soto ada dua jenis yakni soto daging dan lainnya adalah soto ayam. Soto ayam sendiri sangat banyak resepnya.

kali ini saya akan memperkenalkan soto ayam banjar yang memiliki tampilan dan bumbu bumbu sangat berbeda dengan resep soto pada umumnya.

banyak dari kita yang terkecoh dengan soto banjar ini, sebab bukannya berasal dari banjarnegara, namun sebenarnya berasal dari banjarmasin.

Resep bihun goreng
bihun goreng
Pada saat saat tertentu ada baiknya membuat masakan lain dari pada yang lain, apalagi saat kumpul keluarga besar. Bihun goreng bisa untuk camilan yang mengenyangkan karena bahan utama bihun adalah beras.

cara masak bihun goreng bahkan sangat mudah dan hanya menggunakan bumbu bumbu sederhana seperti bawang putih dan lainnya. Kelezatan bihun goreng terletak pada ceplosan cabe rawit hijau untuk menambah kelengkapannya.

coba juga masakan bihun kuah enak


Resep mie ayam
mie ayam
Salah satu makanan atau bisa juga disebut sebagai jajanan saat pagi, siang, atau saat sore hari yang paling banyak penggemarnya adalah mie ayam. Salah satu masakan indonesia ini mulai muncul pada sekitar tahun 85 an, sehingga sampai saat ini sudah resep ini sudah berusia puluhan tahun dan tetap eksis.

Meskipun cara membuat mie ayam sedikit rumit, namun jika dipelajari dengan tekun, mungkin saja anda langsung bisa berjualan mie ayam ini.

Resep ayam goreng
ayam goreng tulang lunak
Ayam goreng merupakan masakan yang sudah tidak asing lagi, namun ada satu resep ayam goreng modern, sehingga ayam goreng yang satu ini bisa dibilang sangat berbeda dengan ayam goreng lainnya. ya ayam goreng tulang lunak merupakan kreasi baru ayam goreng Indonesia.

Bahkan hanya ada satu restoran dengan menu ayam lunak ini yakni di kota madiun tepatnya di rumah makan pak to di desa taman belakang pasar sleko kota madiun.

Demikian bunda, remaja putri, maupun sis cantik sekalian beberapa resep indonesia yang sering kali di masak di dapur dapur masyarakat luas dan juga sebagai menu para pedagang kaki lima. Baca juga masakan gulai kambing