Senin, 28 Desember 2015

Rasa soto banjar paling unik karena menggunakan susu cair

Soto banjar paling unik. Apakah anda pernah merasakan kenikmatan soto banjar. Mungkin saja anda tidak mengetahui dari mana sebenarnya soto banjar asli. Banyak orang mengira bahwa resep masakan soto banjar berasal dari daerah banjarnegara, jawa tengah. Nah keliru kan. Perlu diketahui bahwa soto banjar merupakan resep soto ayam yang berasal dari kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.



Salah satu keunikan soto ayam banjar ini yakni pada salah satu bumbunya menggunakan susu cair untuk menambah aroma dan kelezatan masakan soto dari pulau kalimantan ini. Dengan demikian masakan asal banjarmasin ini merupakan satu satunya masakan soto ayam yang paling unik di indonesia ( susu cair ).

Cara membuat soto banjar sebenarnya tidak berbeda jauh dengan resep soto lainnya, namun demikian bumbu bumbu soto kalimantan ini berbeda dari pada resep bumbu soto pada umumnya karena selain memasukkan susu cair, juga menggunakan kapulaga, cengkeh, dan lainnya.

Setiap daerah di Indonesia pada umumnya memiliki resep masakan soto asli daerahnya, seperti soto ayam lamongan dari jawa timur, ada juga soto ayam kudus, dan yang lebih bervariasi yakni soto betawi yang kuah santan maupun kuah bening sama enaknya , dan soto soto daerah lainnya.

Kembali ke pembahasan soto banjar. Cara penyajian soto banjar ini ternyata juga menyimpan keunikan yang lain. Kalau pada resep soto daerah lain hanya menggunakan irisan telor dan bawang goreng, ternyata soto banjar ini masih menggunakan bahan makanan lain yang menurut kita kurang cocok yakni perkedel, itulah mengapa resep soto yang satu ini saya sebut memiliki keunikan tersendiri. Soto merupakan resep masakan indonesia paling enak dan banyak penggemarnya.