Selasa, 24 Maret 2020

Resep cara membuat kue onde onde ketawa tanpa mixer

Kue onde onde merupakan salah satu jajanan tradisional peninggalan para leluhur yang masih tetap eksis hingga sekarang. bahkan setelah mendapat kreasi sedikit sehingga jajanan murah ini menjadi tambah banyak penggemarnya. Kue onde onde ketawa merupakan hasil kreasi dari jajanan kue onde onde bungkus wijen. Perlu diketahui bahwa ternyata resep onde onde ketawa sama mudahnya saat bunda bikin onde onde tradisional. Ingin mencoba, inilah resep kue basah onde onde ketawa spesial enak berikut :

Bahan bahan onde onde ketawa
⇒300 gr tepung terigu serba guna
⇒80 gr gula pasir
⇒2 butir telur ayam
⇒2 sdm margarin Blue Band Cake & Cookie
⇒1 sdt baking powder
⇒¼ sdt soda kue
⇒Garam dan vanili secukupnya
⇒Wijen untuk taburan
⇒Air dingin
⇒Minyak goreng secukupnya

kue onde onde ketawa


Petunjuk lengkap cara membuat kue tradisional onde onde ketawa
⇹Tepung terigu yang akan digunakan harus diayak terlebih dahulu agar tak menggumpal.
Campur tepung terigu dengan baking powder, soda kue, garam, dan vanili. Aduk hingga bahan-bahan kering tersebut tercampur rata. Kemudian sisihkan sejenak.
⇹Siapkan wadah lain untuk mengocok margarin Blue Band Cake & Cookie dan gula pasir sampai tercampur rata.
⇹Setelah margarin dan gula pasir tercampur rata, masukkan telur. Kocok kembali hingga semuanya tercampur.
⇹Masukkan adonan tepung terigu ke dalam campuran margarin, gula pasir, dan telur. Aduk dengan sendok kayu secara perlahan-lahan sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.
⇹Bentuk adonan dengan tangan dan usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil, supaya bagian dalam onde-onde ketawa matang sempurna ketika digoreng.
⇹Oles air dingin pada permukaan adonan yang sudah dibentuk bulat. Lalu guling-gulingkan adonan pada wijen.
⇹Belah bagian atas onde-onde hingga terbagi menjadi empat bagian.
⇹Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Jika minyak sudah panas, gorenglah onde-onde ketawa hingga merekah dan warnanya menjadi kuning keemasan.
⇹Onde-onde ketawa yang sudah matang siap diangkat dan ditiriskan. Hilangkan uap panasnya agar tekstur onde-onde ketawa jadi lebih renyah.

Seperti diketahui bahwa ada dua jenis kue kue yang beredar saat ini. Selain kue kue basah yang harus langsung di konsumsi. Ada juga aneka kue kering sebagai persediaan cemilan di rumah.

Coba juga cara bikin wingko babat