Senin, 21 Maret 2016

Daun cincau bermanfaat untuk kesehatan

Daun cincau ternyata banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan anda sekeluarga. Pohon yang selama ini sering kita kenal sebagai bahan untuk aneka minuman segar ini, ternyata menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Apa saja sih manfaat daun cincau yang perlu diketahui.

Daun cincau yang kita kenal sekarang ini mempunyai tiga jenis pohon, ada yang sebagai pohon perdu dan ada pula yang tumbuh secara merambat. Bagi masyarakat di beberapa daerah klhususnya di jawa, cincau sering juga disebut sebagai janggelan atau bisa juga yang kita kenal sebagai cincau hitam.

Ada pula jenis yang lainnya yakni cincau hijau. Keduanya mempunyai sifat sedikit berbeda, cincau hitam lebih kenyal sedangkan cincau hijau lebih bersifat lembut. Saat dibuat minuman kedua jenis cincau ini mampu menghadirkan es cincau yang lumayan segar.

Meskipun demikian banyak juga tuh bunda bunda yang belum paham dengan cara membuat cincau. Padahal caranya sangat sederhana dan juga mudah, bahkan tanpa menggunakan bahan tambahan apapun. Berikut manfaat daun cincau bagi kesehatan.

daun cincau hitam

Manfaat daun cincau untuk kesehatan

Membantu melemaskan otot otot tubuh
Daun cincau mempunyai kandungan senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida yang cukup tinggi, senyawa ini dikenal mempunyai manfaat untuk membantu mengatasi permasalahan otot khususnya bagi manula, seperti otot kaku, pegal pegal dan nyeri pada persendian. Caranya cukup oleskan sebagai salep atau diminum dalam bentuk air rebusan.

Pencegahan terhadap kanker
Daun cincau juga mengandung senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin yang terbukti ampuh dalam membunuh sel tumor atau kanker. Meskipun kandungannya kecil, namun mampu melakukan pencegahan terhadap penyakit berbahaya tersebut. Dengan demikian biasakan minum es cincau secara teratur.

Pencegahan diare
Kandungan senyawa alkaloid yang cukup tinggi pada daun cincau, dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung anda, terutama pencegahan terhadap penyakit diare. bagi mereka yang sering mengalami keluhan terhadap masalah buang air dapat mengkonsumsi cincau secara teratur.

Mencegah pengeroposan tulang
Sebagai pohon yang tumbuh merambat, daun cincau ternyata banyak mengandung beberapa senyawa, seperti mineral magnesium, kalsium dan fosfor yang mana sangat berguna untuk mengatasi permasalahan pada otot dan tulang.

Demikianlah beberapa manfaat kesehatan pada daun cincau. Anda bisa membuatnya sendiri dan cukup gampang, anda juga dapat membuat minuman segar dari bahan daun cincau ini, silahkan ikuti resep es cincau susu spesial yang bukan saja segar tapi juga bermanfaat untuk kesehatan anda.

Sumber masukan resep : https://inforesepmasakansederhana.com/petunjuk-lengkap-cara-membuat-es-cincau-susu-segar/