Selasa, 26 Januari 2016

4 resep masakan tradisional untuk sarapan

Sarapan pagi sangat penting untuk menjaga kesehatan badan, karena asal tahu saja sudah beberapa jam perut kita tidak kemasukan makanan sedikitpun, sehingga sarapan menjadi begitu pentingnya. Nah para orang tua kita kita sudah mengajarkan hal hal yang baik untuk selalu menjaga kesehatan secara teratur. Salah satunya yang akan kita bahas disini yakni menu untuk sarapan pagi.

Rupanya setiap masyarakat kita telah mempunyai menu masakan untuk sarapan pagi, sehingga kita mengenal beberapa menu sarapan, seperti nasi pecel, nasi uduk, nasi kuning, dan nasi kebuli. Diantara beberapa resep masakan tersebut hanya nasi pecel yang menggunakan nasi putih, sedang yang lainnya mencampurkan beberapa bahan pada nasinya. Sebenarnya cukup banyak menu masakan yang dipunyai oleh para leluhur kita. Salah satunya yang masih tetap bertahan yakni opor ayam, bumbu opor ayam cukup sederhana dan mudah didapat.



Boleh dibilang hampir semua masyarakat kota madiun dan sekitarnya setiap pagi sudah terbiasa dengan sarapan nasi pecel. Dan resep nasi pecel ini juga merupakan makanan khas kota madiun. Bahkan menu nasi pecel ini juga dijajakan pada sore hingga malam hari. Cara membuat nasi pecel sendiri cukup mudah dan rahasianya ada pada resep sambal pecel yang menggunakan tambahan daun jeruk purut, bukan daun jeruk nipis.

Berbicara soal sambal, tentunya orang tua kita telah mewariskan berbagai macam dan jenis sambal tradisional untuk pelengkap saat tibanya hidangan makan. Saat ini ada beberapa sambal sambal dari berbagai daerah, seperti : cara membuat sambal ulek, cara membuat sambal biasa, resep sambal mentah, resep sambal tomat, cara membuat sambal goreng, resep sambal enak sederhana, dan ada juga resep sambal pedas gila. Nah jika anda penasaran dengan sambal sambal tradisional tersebut, bisa langsung cabut ke resep sambal tradisional

Menu sarapan yang lain dan tak kalah terkenalnya yakni nasi uduk. menu nasi untuk sarapan ini sangat mendarah daging di masyarakat betawi, yah mungkin dari sanalah asal muasal nasi uduk ini, sebab didaerah lain juga ditemui menu yang sama. Namun jika kita bicara tentang nasi uduk tentu tertuju pada jakarta khususnya dan daerah sunda pada umumnya. Sehingga resep nasi uduk begitu terkenal hingga keseluruh indonesia.

Masih di kota yang sama yakni jakarta. Seperti kita tahu bahwa daerah betawi dihuni oleh masyarakat berbagai daerah bahkan lumayan banyak juga masyarakat dari luar indonesia. Nah menu nasi kebuli merupakan resep masakan yang dibawa oleh warga keturunan orang timur tengah. Resep nasi kebuli ini memang agak lain dari menu masakan kita. Nasi kebuli biasanya bercampur dengan daging kambing.

hampir mirip dengan nasi uduk, namun yang ini mempunyai tampilan yang sedikit berbeda. Nasi kuning menjadi menu sarapan warga priangan. Sebenarnya sih nasi kuning ini juga banyak ditemukan dibeberapa daerah lain. Sebab berhubungan dengan beberapa tradisi di jawa. Cara membuat nasi kuning hampir mirip dengan nasi uduk dan hanya berbeda pada beberapa bahan bumbunya terutama penggunaan kunyit.

Nah itulah beberapa menu sarapan pagi yang sering kita temui di masyarakat indonesia. Namun karena indonesia terdiri dari berbagai suku dan adat istiadat, maka tentunya cukup banyak menu sarapan yang enak enak terutama yang berada di luar pulau jawa. bagi bunda bunda yang ingin menambah buku masakan, bisa berkunjung ke resep masakan indonesia sederhana yang merupakan kumpulan berbagai resep masakan dan resep kue.