Jumat, 26 Juni 2020

Inilah cara membuat telur balado khas Minang

Hampir tidak mungkin ada orang Indonesia yang tidak mencintai masakan khas Minang. Bagi para penggemar masak, baik pemula ataupun profesional, masakan Padang adalah tantangan tersendiri dan ketika tersaji, rasanya tidak sabar untuk segera dinikmati. Satu langkah kecil untuk memulainya bisa dengan cara membuat masakan telur bulat balado

Hampir semua protein ada resep olahannya di masakan Minang, dan telur ayam juga tidak ketinggalan tentunya. Telur balado bahkan seperti sudah dikenal sebagai masakan Indonesia secara umum. Dari masakan rumahan, warteg, hingga restoran – ada saja hidangan yang satu ini dalam menu sehari-harinya.

Bahkan telur balado dapat dengan mudah bersinergi dengan masakan-masakan lainnya. Sajian ini sering dipilih sebagai pendamping untuk sarapan nasi uduk ataupun nasi kuning di pagi hari. Jangan lupa tambahkan Kecap Manis pada sambal baladonya agar lebih nikmat!

Kagum rasanya melihat masakan yang satu ini bisa bersinergi di berbagai level, kemudian diaplikasikan dalam banyak masakan dan akhirnya menjadi tenar. Resep nasi kuning gurih

Hanya saja sepertinya menu ini terkadang dipandang sebelah mata hanya karena proteinnya berupa telur. Tapi sesungguhnya, masakan khas Indonesia ini layak mendapat predikat sebagai salah satu masakan nasional negeri ini.
Untuk lebih mengapresiasinya, mari kita memulai dulu dengan memasaknya yuk! Silakan simak tentang cara membuat telur balado berikut ini, jangan lupa tambahkan juga resep terong yang juga menggunakan sambal goreng balado, dan selamat bersenang-senang di dapur.

Jadikan makan malam atau buka puasa di bulan Ramadan bersama keluarga lebih seru!

telur balado khas Minang


Bahan Bahan
6 butir telur ayam
1.5 L air
100 ml air
250 ml minyak untuk menumis

Bumbu halus
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
10 buah cabai merah
5 buah cabai merah keriting
1 butir kemiri, sangrai
2 buah tomat, buang biji
1 sdt Royco Kaldu Ayam
2 sdm Bango Kecap Manis


Cara membuat telur balado
*Haluskan semua bumbu, termasuk Royco Kaldu Ayam dan Bango Kecap Manis dengan blender.
*Panaskan air di panci hingga mendidih. Rebus telur selama 7 menit. Tiriskan lalu rendam dalam air dingin selama 5 menit. Kupas telur yang sudah dingin.
*Panaskan minyak di wajan dengan api sedang. Goreng telur yang sudah dikupas hingga bagian luarnya berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.


*Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak hingga harum. Masukkan telur yang sudah digoreng, aduk rata. Tambahkan Bango Kecap Manis dan air, lalu masak hingga bumbu meresap.
*Angkat dan sajikan dengan daun peterseli. Telur balado cocok dijadikan bahan pelengkap untuk nasi uduk, nasi kuning sesuai selera.